Sabtu, 17 Oktober 2015

Cerita ono dan itu dari Bumil yang ini

Hello semua...

Gw sekarang ini uda memasuki kehamilan 14 weeks 6 days. Uda lagi tahap yang orang bilang Tri semester kedua. Overall good and healthy. Pas di minggu ke 4 sampai ke 10 terkadang suka mual. Tapi Praise the Lord engga sampe parah bgt jackpot (muntah)nya. Ternyata gw mual kalo laper (alesan). Pada awalnya gw belom terbiasa dengan pola makan sedikit tapi sering. Yang ada banyak tapi jarang. Kalo makan banyak so pasti kekenyangan n langsung jackpot. Trus 2 jam kemudian langsung mual mabok eneg melanda. Ternyata perut uda laperrrr... Stelah tau polanya sih langsung lumayan berkurang mualnya. Sampe sekarang fine2 aja. Memang dari awal kehamilan gw slalu berdoa kalo gw akan mengandung di dalam kasih karunia Tuhan. Yang artinya segala kesusahan sudah Tuhan tanggung di kayu salib. Memang kehamilan ada kesusahannya sendiri, tapi gw percaya yang gw tanggung itu uda sangaaaatttt kecil karena kasih karunia Tuhan. Jadilah sesuai dengan iman gw kan? Puji Tuhan masi bisa kerja makeup. Masi bisa jalan2 n nyetir mobil. Semoga semuanya baik2 aja sampai waktunya kelahiran nantinya ya. 

Eniwei, gw bukan tipe orang yang akan update blog ini terus-terusan. Apalagi dikit2 ceritain hal detail soal keseharian gw. Bosen juga kali ya orang bacanya? Tapi tujuan gw nulis ini sekarang lebih mau ke sharing info dari pengalaman gw. Sharing info apa?? Nah ini dia nih.... 

Carilah dokter kandungan yang membuat lo comfort and feeling peace pas lagi hamil

Jujur aja, karena pengalaman gw yang susah hamil ini, gw uda mengunjungi beberapa dokter kandungan. Setiap dokter gw yakin punya keunggulannya sendiri. That's why mereka bisa buka praktek dan dibanjirin ama pasien bejibun. Tapi gw bersyukur, pas hamil ini gw bisa nemu dokter yang open minded n kerjanya ga nakut2in pasien dengan segala kemungkinan terburuk. I will not spill his name. Gw bukan promosi dokternya. Seringkali kalo ke dokter itu pasti di kasih Do and Don't kan? Dulu pas kehamilan pertama yang end up keguguran, dokter yang handle gw itu uda langsung wanti2 berbagai macem. Yang masi gw inget nih, " Jangan makan bakar-bakaran, takut ga mateng bagian dalamnya. Jangan makan sayur2an mentah. " Tapi seinget gw, dia ga pernah jelasin lebih lanjut lagi kenapa ga boleh makan bakar-bakaran n sayuran mentahnya. So gw kayak orang buta di tuntun orang bisu deh tuh. Mengikuti instruksi tanpa ngerti sepenuhnya apa dan maksud dari instruksi tersebut. 
Nah pas ketemu dokter yang sekarang, Gw cukup kritis bertanya. 

Pertanyaan gw adalah :
Dok, bole makan sushi sashimi gak? 

Jawaban dokternya: BOLEH. Yang berbahaya untuk ibu hamil itu Virus Rubella(campak), Toksoplasma dan Salmonella. Tokso itu berasal dari tanah, karena tanah mengandung kencing binatang entah apalah binatangnya. boleh makan sayur mentah/salad ASAL di cuci bersih dulu. Virus tokso itu tidak ada di dalam air. Makanya ikan aman untuk di makan mentah selama fresh. Makanya orang jepang tetep makan sashimi walo lagi hamil kan?

Nah jawaban dokter ini yang bener2 bikin gw happy. Bukan karena gw mencari pembenaran bole makan sashimi, Tapi karena jawaban dia MAKE SENSE and VERY LOGIC. Waktu kemarin jalan2 di Jepang, gw cukup heran itu gimana caranya para ibu hamil di jepang bisa bertahan tanpa makan makanan yang un-cooked. Secara di mana-mana salad and Sashimi. Pas beberapa waktu lalu lagi kondangan juga gw liat ada sepupu gw lagi hamil gede dengan santainya makan salad. Di situ dia cerita kalo dia sampe datengin 3 dokter berbeda and nanya soal bole makan salad ato sashimi, jawaban dokternya juga boleh. 

Memang, Sashimi di Indo engga se-fresh Jepang. Jepang punya lo bisa makan itu semua ikan mentah tanpa rasa "amis ikan" sama sekali. Semua yang di kunyah pasti rasanya Manis. Menurut Mbah Google dari website luar negri, ga boleh makan sashiminya pun karena takut ga fresh n bisa nyebabin bumil sakit perut. Perut bumil cenderung sensitif katanya. Gw akan tetep bijak sebijak bijaknya dalam milih makanan n tempat makan. Tentunya gw akan tetep makan sashimi kalo gw percaya itu fresh. Maaf untuk yang ga sepaham ama aliran ini. =)

Berhubung cici ipar gw juga lagi hamil gede, gw juga dapet beberapa info dari dia yang bahkan gw ga pernah denger orang indo ngomong hal ini. Dia pesen dokter sana ngelarang dia makan mayones, keju brie, susu un-pasteurized dan ice cream soft-served. Ini berhubungan dengan telor yang ga mateng n bakteri salmonella. Gw juga kurang tau ya emang cara bikin soft-served tuh gimana. Tapi kalo telor ga mateng sih iya jelas itu salmonella bgt. Mayones hand made kan juga belom di pasteurized. Soal keju gw belom sempet browsing kenapa ada beberapa keju yang ga boleh, feeling gw sih berhubungan ama bakteri juga. 

So buat para calon ibu ato bumil ato ibu2 yang uda beranak pinak, coba di cross check lagi wejangan dokternya. Gw pribadi sih  suka ama dokter yang open -minded and relevan ama kemajuan zaman. Gw percaya dokter itu juga ga akan kasih saran yang bisa membahayakan ibu dan janin kok. 

Mengenai USG

Tau USG 4D kan? 
Pas lagi nemenin cici ipar USG di Sydney, gw cukup bertanya-tanya tapi bingung ga ngerti juga mo nanya gimana. Jadi, di Oz itu( yang ternyata gw baru tau di negara2 maju semuanya begitu) Dokter kandungan ama dokter USG itu beda lagi. So ga setiap kali Check up ke dokter itu di USG kayak di sini. Nah pas jadwal USG 4D gw di minggu 12 kemarin, gw cukup bingung kenapa dokter gw ngelempar gw ke dokter yang jauh boneng di BSD cuma buat USG 4D. Padahal di Rs yg gw Check up itu kan ada fasilitasnya. Tapi dokter gw itu cuma bilang " alatnya semua sama, orang belinya juga sama semuaan. Tapi yang beda itu orang yang handlenya. USG 4D kan jarang, sekalian aja ama yang bagus". 
Jawaban itu masih bikin gw bertanya-tanya sih. Pas gw ketemu dokter yang USG gw, jelaslah semua pertanyaan dari gw di Sydney sampai kenapa dokter kandungan gw ngoper ke BSD segala.
Ternyata, dokter untuk bagian USG itu punya gelar khusus namanya Fetamaternal. Yang sayangnya, di Indo itu pasien belom di lindungi hak nya ama peraturan yang jelas. Kalo di negara2 maju, hanya dokter dengan gelar Fetamaternal ato sebutannya ahli USG tersebut yang boleh melakukan USG ama pasien. Dokter2 tanpa gelar tsb bukannya ga bisa USG, mereka di kampus katanya juga di ajarin (sama senior mereka) . Tapi menurut dokter yang USG gw ini, mereka ga dapet pendidikan khusus mengenai USG. Jadilah itulah mengapa cici ipar gw kok pas mo USG aja musti appointment ke tempat yang berbeda, semacem klinik khusus gitu deh. Jadi gw beruntunglah kenapa dokter kandungan gw melempar gw sampe ke BSD jauh2 begito. Ternyata memang gw di lempar ke tempat yang tepat. 

Ini dia si baby di dalem perut gw. Berhubung lemak di perut gw itu tebel, rasanya ini uda the best shot yang bisa di ambil ama dokternya.( hahaha...hiks T_T). Mukanya ketutupan ama ari-ari sebenernya. Makanya agak kurang jelas. Amazing ya Tuhan bisa taro 1 manusia lagi di dalam tubuh manusia? I love His perfect art.

Untuk kedepannya, Jelas gw punya kecemasan tersendiri untuk persiapan lebih lagi. Will i be able to labor this child normally? Is it pain so much ? Dananya cukup ga buat persiapan kelahiran? Nanti gw bisa ga ngurus bayi sendirian secara ga punya nyokap and uda komit ama suami ga mau pake suster.. Masi banyak will i and am i yang lainnya... Tapi gw lagi belajar dari ayat ini :

"Perfect Love cast out Fear"
The Perfect Love only come from Jesus Christ. 

Pada saat rasa kuatir ini mulai datang di pikiran gw, gw akan katakan, "Jesus, let me REST in You". Gw istirahat aja dan menyerahkan semua pergumulan gw ini ke Yesus. Biar Yesus yang ambil bagian dan buka jalan buat gw n keluarga kecil gw ini. Ketika gw bilang Rest, beban itu langsung di angkat n di gantikan dengan damai sejahtera. Emang yah Bapa kita itu Prince of Peace...

Untuk teman seperjuangan yang lagi hamil juga, mari kita sama-sama enjoy dalam masa kehamilan ini. Hamil di dalam kasih karunia itu gw percaya dan imani akan sangat enak. Segala kutukan kelahiran uda di patahkan di kayu salib. 



Next update :
Perubahan tubuh wanita yang terjadi pada saat kehamilan. Bahkan yang tidak pernah disebutkan di internet.

1 komentar:

  1. Hi Dev, congrats yah, just info, soft cheese seperti brie/camembert dan cold cuts sperti smoked beef/turkey dll itu disarankan untuk gak dimakan karena ada kemungkinan bakteri yg namanya Listeria, mungkin in the mean time bisa banyak baca2 buku hamil sambil nunggu si kecil lahir, jadi perbanyak ilmu selama masih 'sempet' :) stay healthy!

    BalasHapus