Selasa, 25 Agustus 2015

Dibilang kemungkinan hamilnya cuma 2% eh bulan depannya malah hamil.

Setelah sekian lama engga nulis di blog, here i am. Still alive :)
Kali ini, gw mo share mengenai 1 mujizat yang Tuhan nyatakan di hidup gw. Gw married Feb 2011. Dan sperti pasangan muda(cieeh pernah muda) lainnya, punya anak belom jadi prioritas utama dalam hidup gw. Kami punya alasan kuat dan masuk akal untuk menunda anak di tahun pertama pernikahan kami. Banyak yang bilang, "punya anak jangan ditunda, nanti dapetnya susah". Well... I seriously don't believe it (until now). Gw menghargai opini tersebut yang pastinya datang dari orang2 berpengalaman. Tapi gw dan suami slalu percaya anak itu yang ngasih Tuhan. Mo ditunda kayak apapun kalo Tuhan ngasih ya jadi aja. Ga ditunda pun kalo Tuhan belom ngasih ya tetep aja ga jadi jadi.

Mei 2012, gw hamil. Tapi kehamilan itu cuma sampe 6 mgg aja :( . Kantongnya ga berkembang. Flek terus2an walo uda di kasih minum obat n bed rest tetep aja ga ketolong. Akhirnya gw keguguran di rumah. Peristiwa keguguran itu pernah gw ceritain lengkapnya di blog gw sih. Monggo di baca kalo lagi iseng... :))
Kata orang lagi, " tenang aja, kalo abis keguguran biasa dapetnya cepet kok. Biasa langsung subur."
Aminnn... Aminnnn....
Juni, july, Agustus, September... 2013....2014..... Gw tunggu2 maneehhh yang orang bilang cepet dapet lagi dan langsung suburr??? Hahahah...
Menunggu itu pait sodara... Menunggu itu ga enak. Apalagi menunggu di saat orang lain dengan mudahnya ga usah nunggu itu lebih pait lagi. Buat temen2 yang pernah ato lagi ngalemin uda nikah bertaon taon tapi belom dapet anak pasti tau deh rasanya kayak apa. Masa-masa up trus down lagi up lagi down lagi up lagi down lagi terus aja terjadi. Liat temen yang nikahnya belakangan dari kita tapi langsung hamil langsung jleb! Denger kabar cici/ade/ipar hamil juga jleb!jleb!jleb! Denger omongan keluarga deket yang terus menerus mempertanyakan kapan ga punya anak/ kenapa belom dapet lebih jleb!jleb!jleb! Lagi....
Fyi, selama gw bisa tau sih orang2 mana yang kalo nanya " uda punya anak belom? /kenapa belom dapet2?" Itu tulus beneran nanya ato cuma sekedar jadi bahan gosip ajah. Jadi tiap abis ketemu ama orang tipe gosip yang unfortunately orang2 tipe begitu tuh banyaaaaakkkk bangetzz, gw slalu merasa hancur hati. Iya, nangis diem2 di rumah itu uda jadi hal yang biasa. Diem2 dari suami, tapi engga diem2 di hadapan Tuhan. Tempat pengaduan gw cuma 1, Yesus. Itulah alasan satu2nya gw bisa kuat di depan manusia. Di gereja pun gw ga pernah maju2 pas altar call untuk didoain minta anak. Bukan untuk mengurangi respect sama hamba Tuhan juga, tapi sumber utama dapet anak itu dari Tuhan kok, dan gw uda mintanya ama Tuhan, kenapa gw harus minta lagi ama manusia ? Gw percaya kalo Tuhan memberi/menyembuhkan/melakukan mujizat ga perlu harus pake tangan hamba Tuhan baru manjur. Gw percaya gw punya otoritas yang sama sebagai anak yang di kasihiNya.

Selama 4 taon, bukannya gw juga engga ke dokter. Ke dokter sih udah bolak balik. Permasalahan utamanya di gw. Gw menderita PCOs ( polycystic Ovary Syndrome). Aih suseh ya bahasa kedokterannya. Buat yang belom pernah denger apa itu Pco, ini info sekilasnya. Pcos ini sindrom di mana sel telur yang mustinya matang dan siap dibuahi ato dibuang tiap bulan malah jadi ga matang2. Biasa ke detect pas di USG. Sel telurnya cenderung kecil2 dan jumlahnya banyak. So di saat pere-pere lain tiap bulan menstruasi, gw malah irit pembalut bok. Menstruasi gw bisa 3bulan-6 bulan sekali. WOOOO.. Yeah i know aneh kan buat yang haid nya rutin? But it's me. Dan slama hampir 4 taon gw ga pernah bilang ke family ato ke orang2 yang nanya "kenapa kenapa dan kenapa blom hamil" ke gw. Untuk penjelasan Pco selanjutnya tolong ketik di google ajah yak. Intinya, gimana caranya mo hamil kalo ga tau masa subur lo kapan? Gimana mau dibuahi kalo sel telurnya mateng tiap 3-6bulan sekali?

Memasuki 2015, gw berdoa dengan lebih keras dan nangis lebih kenceng dan lebih sering lagi di hadapan Tuhan. Oh thank you Jesus for the sweet memories with You....
Pertama karena umur gw desember besok uda 30 taon bok! Kedua, yaahh.. Nikah 4 taon lebih belom dapet anak tuh rasanya mulai berasa ada yang kurang. Ketiga, keponakan dari ade suami aja uda 2, trus calon keponakan dari engko sendiri bakalan nongol juga (but i love them all, trully). Keempat, kuping dan hati gw uda berdarah-darah ngedengerin omongan orang yang negatif.

Mei 2015, pas gw lagi jalan-jalan ke Jepang, gw ngalemin flek coklat kemerahan yang kadang stop eh beberapa hari kemudian nongol lagi. Gw kira mo dateng bulan, tapi bukan. Gw kira hamil, ga taunya bukan. Pulang Jakarta gw check up lagi lah ke dokter kandungan. Pas di USG, rahim gw penuh ama selaput lendir. Selaput ini yang nahan dinding rahim gw yg mustinya uda mau rontok karena siklus haid tapi jadi ga bisa. Makanya cuma keluar flek stop-stop gitu. Gw sendiri bingung knapa bisa penuh ama selaput gitu, padahal keputihan(ups sorry boys who read it) aja kagak. Penjelasan dokternya sih, karena hormon. Akibat akumulasi dari ga haid slama berbulan-bulan, jadi ada penebalan dinding rahim bla bla bla. Akhirnya gw dikasi obat. BERBAGAI macam obat dengan step-step nya. Di sini harapan gw ke boost 100%. Knapa ? Karena selain dokternya kasi obat buat datengin haid, beliau juga kasi obat buat bikin sel telur gw cepet subur alias membesar biar mateng. Ughh excited excited!!

22 juni 2015, gw balik ke dokternya dengan harapan selangit. Pas di cek, eng ing eng, obatnya sama sekali GA bekerja. Failed! Dokternya pun hands up ke gw. Beliau bilang ga mau kasi gw obat2an lagi. Karena kemarin aja beliau uda kasi obat yang paling bagus n paling mahal ke gw tapi ga bekerja. Lalu gw disarankan ke bagian fertilitas buat tindakan yang lebih serius. Dateng ke bagian fertilitas singkat cerita dijelasin lah kondisi gw tuh sebenernya kayak apa dan harus ngapain biar bisa punya anak. "Ibu saya anjurkan untuk tes xxx dan yyy dulu, nanti suaminya juga tes zzz ya.. Abis itu kita baru diskusi lagi langkah mana yang ibu mo ambil, mau terapi hormon bole, mau langsung coba inseminasi bole, atau mau bayi tabung langsung juga bisa"
Pusinglah gw.....
" terapi hormon perkiraan biayanya segini bu... Kemungkinan keberhasilannya 12-14%. Kalo insem biayanya kurang lebih segini bu, kemungkinannya juga kurang lebih sama kayak terapi hormon. Kalo bayi tabung kemungkinannya bisa sampai 50% bu. Nah kalo kayak ibu ini engga ngelakuin tindakan apapun, KEMUNGKINAN IBU UNTUK HAMIL SECARA NORMAL ITU 2% bu".
Oke jantung gw rasanya copot n jatoh sampe ke lantai dasar.......waat? 2% sajah ?? Kebangetan!

Keluar dari ruangan konsul dengan membawa surat pengantar buat segudang test, tapi hati gw berasa ga damai sejahtera bgt. Gw sampe terus2an ngomong sendiri di dalem lift(yang untungnya saat itu sendiri. Oyah, suami lagi ga bisa nemenin juga). God, what should i do ? What should i do ?
Masuk mobil, gw langsung nangis sekejer-kejernya. Nangis sampe ga bisa berkata apa2 lagi. Nangis sampe cuma roh gw yang berkata-kata sama Tuhan. Nangis sampe uda ga tau lagi mo doa apaan. Nangis 30 menit non-stop di dalem mobil. Di saat nangis gw uda mulai reda, gw cuma bisa memperkatakan: " Tuhan, darahMu sudah memberkati kandunganku. Di kayu salib Engkau menebus segala kemandulanku dan KAU gantikan dengan kesuburan. Aku percaya kasihMu saat ini mengalir. Mengalir memberkati rahimku. "

Salah satu teman baik gw menguatkan 1 kalimat yang bikin gw bangkit : " poi, semakin sulit buat manusia, semakin mudah bagi Tuhan bekerja". Oohhh i'm so blessed with that words. Bless u ci pipin! Secara manusia, gw engga lagi berharap bisa hamil. Secara hati, gw bener2 berserah ama Tuhan. Di dalam iman, gw percaya sama kesetiaan Tuhan. Jadi rasanya tuh campur aduk! Di saat gw mulai melemah, gw coba untuk memperkatakan iman. Bahwa gw uda di benarkan karena Yesus. Gw anak kesayanganNya. Trust me, it helps a lot!


27 july...... Inilah saat di mana Tuhan memberikan kasihNya sampe gw ga sanggup buat handle. Test pack gw positif :) :) how is it possible ? Gw tau Tuhan gw lah yang bekerja. It is Done kata Yesus di kayu salib.

4 agustus gw akhirnya ngeberaniin buat check up ke dokter. Pas di USG dokternya langsung kasi gw selamet. Selamat ya kamu hamil! . Tapi masi baru kantongnya aja. So gw masi berasa was-was karena pengalaman keguguran dulu.

25 agustus gw check lagi ke dokter. I can see the baby!! I can hear the heartbeat. How amazing is our God, He give us unmerited favor. By His Grace, gw hamil 7 minggu sekarang. By His grace, gw bakalan jadi ibu. By His Grace, pengalaman gw menunggu telah berakhir. Dan gw percaya, gw akan mengalami kehamilan dalam kasih karunia Tuhan. Segala kutuk susah payah kehamilan sudah di tebus di kayu salib. Perjalanan kehamilan gw masih panjang. Beban dan rintangan ke depan pun juga bakalan tambah banyak. Tapi with God besides me, apa yang musti gw khawatirin ? :)

Mazmur 91 :
Orang yang duduk (saya) dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan: " tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." Sungguh , Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepakNya Ia akan menudungi engkau(saya), di bawah sayap-Nya engkau(saya) akan berlindung, kesetiaanNya ialah perisai dan pagar tembok. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

Untuk para ladies out there, para sister yang punya pengalaman yang sama, yang lagi waiting dalam kesesakan, never give up. Percaya sama kesetiaannya Tuhan. DIAlah yang setia yang berjanji. Pasti masa penuaian itu akan datang. Berusaha tentu boleh. Go check up ke dokter yang terpercaya n engga komersil. Silahkan makan obat atau medication apapun. Asal.... Asal.... Hatimu ada damai sejahtera. Damai sejahtera itu hanya datang dari Tuhan. Kalo hatimu damai, go ahead ikutin aja jalannya. Kalo hatimu ga damai, stop tindakannya. Let God do it for you.

Biarlah semua ini untuk kemuliaan nama Tuhan.
Thank u for reading it... Will Appreciate every prayer also... :) :)
See ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar