Selasa, 03 Juli 2012

Asisten Rumah Tangga

Asisten Rumah Tangga, ato yang lebih familiar di kenal dengan sebutan Pembantu Rumah Tangga. Hidup di Jakarta (ato di Indo), jarang banget kalo sampe ada orang ga punya ini ART. Aku sendiri punya 2 orang di rumah. Mereka sangat baik dan rajin kerjanya (Thanks God). 
Yang lebih senior adalah Gina, aku biasa manggil dia " Ibu". Umurnya uda cukup tua, 50an, badannya kurus dan tinggi. Orangnya bawel, sering ngajak ngobrol n celoteh cerita sendiri kalo ada apa2 sambil ketawa2. Menyenangkan sih punya seorang "Ibu" ini. Tugas utamanya masak. Masakan Indo nya enak2, tapi jangan pernah suruh dia masak chinese, ancur minah jadinya. 

Hampir 3 taon Ibu ikut aku. Banyak banget kejadian lucu ato ngeselin yang uda ku alami. Di mulai dari   awal dia kerja, aku suruh dia bikin tape uli (yang dia akuin bisa bikin), ga taunya, dia beli 1 KG TEPUNG KETAN, dan jadilah itu tape uli kayak lagi mo jualan ketupat pas lebaran. Bergulung-gulung ketan dan 1 toples besaaaarrr uli nya. Makan ampe eneg. Sejak itu, aku ga pernah suruh dia bikin Tape Uli lagi. Kapokk... ;p

ART yang lebih kecil adalah Lia. Dia kerja baru 5 bulan di rumahku. Tapi orangnya sungguh rajin dan baik. Tipe orang yang kalo di ajak ngomong itu slalu tersenyum dan cengengesan. Lia engga bawel kayak si Ibu sih. Lia anak yang manis, dia masih umur 17 taon ini. 

Posisi para ART di rumahku ini udah kayak tambahan keluarga. Mereka jadi tanggungan aku selama mereka ada di rumah ini. Segala kebutuhan hidupnya harus terpenuhi. Kadang aku juga suka negor mereka kalo liat badan mereka kurusan ato makannya ga bener (such as kebanyakan makan pedes ato makan Mie instan terus). Yang paling penting, tiap hari mereka masuk dalam list our prayer bersama suami. 

Banyak orang, yang nganggep ART itu kayak Budak. Di bentak2, di omel2in, di aniaya, ato yang paling parah di lecehkan. Menurut aku, orang yang kayak gitu bukan manusia, tapi predator. Menganggap dirinya lebih unggul di banding mangsanya, dan membuktikannya dengan menaku-nakutin bahkan menerkam. Duh, please ya, di saat bangsa Amerika aja dari abad 18 aja uda berjuang habis2an buat menghapus perbudakan, ini lagi bangsa Indonesia secara terselubung memperbudak ART. 

Aku pribadi si sangat2 menghargai hasil karya mereka di rumahku. Kalo lagi ga ada mereka (lebaran contohnya), aku harus ngerjain semua urusan dari dalem ke luar itu sendiri. Dan percayalah itu sangat melelahkan. Bangun masak nasi, cuci piring, buka pintu depan, sapu kotoran guguk, nyalain pompa air, kumpulin baju kotor, cuci baju pake mesin cuci (sebagian cuci tangan), sapu rumah, pel rumah, masak, cuci piring lagi, buang sampah, jemur baju, beresin kamar mandi, beresin kamar, lap-lap perabotan rumah, masak lagi, cuci piring lagi, sapu kotoran guguk lagi, sirem halaman pake karbol, sirem pohon, belom setrika pakaian... Gubraaakk!!! Langsung tepar di ranjang badan encok2.

Lihat? Ga sedikit kan kerjaan mereka? dan ngerjainnya ga gampang loh. Dari kerjaan satu ke kerjaan yang lainnya itu nyaris tanpa jeda. Kalopun ada jeda itu cuma istirahat siang sekitar 1 jam-an. Fiuhhh...
Ucapan terima kasih ku selain dalam bentuk gaji ke mereka, ya dalam bentuk ungkapan pernyataan bahwa mereka family. Kayak abis belanja dari supermarket, beliin aja mereka barang2 kebutuhan sehari2 kayak sabun, wuih mereka langsung seneng banget. Trus kalo di rumah lagi ada makanan berlebih, pasti mereka aku bagi dengan porsi yang engga pelit. 

Memang sih ga semua ART itu berniat baik pas kerja di rumah kita. Kita harus tetap waspada juga walopun mereka baik. Aku sendiri juga selalu menyimpan barang berharga dengan baik. Tapi, aku percaya, perlakuan yang baik dan doa setiap hari untuk mereka, akan menghasilkan sesuatu yang baik juga kan? 

Masih ada yang mau bentak2 ART ato nyuruh2 dengan makian? Aku pribadi selalu pakai kata Tolong dan Terima Kasih setiap habis kasih tugas ke mereka. Bahkan kalo kita lagi mo makan, aku dan suami selalu bilang " Bu, Lia, makan dulu ya" ke mereka. Kebiasaan itu jadi di ikutin juga ama mereka jadinya. 

Jadi anak Tuhan itu ga melulu harus jadi berkat di gereja ato di temen-temen doank loh. Justru sasaran yang paling deket itu ya para ART ini. Alirkan kasih untuk mereka. Aku yakin banget mereka sebenarnya membutuhkan banget. 

Selamat berbuat baik. 

xoxo

Devie Jonathan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar