Selasa, 13 September 2011

Between Friendship and Marriage

Halo semua, jujur gw agak kesusahan dlm manage ini blog. Maklum pemula.Semoga gw bisa cepet adjust deh. Drpd ntar di katain gaptek XD.

Kali ini gw akan cerita2 mengenai antara persahabatan dengan pernikahan. Konsepnya cukup luas. Persahabatan bisa juga dengan pasangan. Tapi bersahabat bisa juga dengan teman2 lainnya. Yg gw mo bahas di sini adlh keduanya. 

Brp byk sih org yg kalo uda nikah, kerjaannya berduaaaaannn mulu ama pasangannya? Emang sih kemana mana di saranin berdua. Apalagi yg baru awal2 nikah. Masih kyk pantat panci, panas!. Eh jgnkan uda nikah, yg masih pacaran aja buanyakk bener loh yg slalu apa2 ngintillllll terus ama pacarnya. Engga di salahin sih. Krn org macam tersebut (macam apa pula ini?) menganggap pasangannya sebagai sahabat terdekat dan terbaik dalam hidupnya. Tapi .... manusia itu harus tetep hidup bersosialisasi lohh.. harus tetep bisa ngeliat permasalahan dunia dr sudut pandang yg lain. Harus bisa membuka wawasannya dengan byk berteman dgn berbagai macam org. Karena di situlah kita di proses. Besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya remember?

Dalam kasus gw, gw sangat bahagia bgt di kelilingin ama banyak sahabat2 wanita. Ada Sylvi, Pipin, Yuliani, Sasa, Fiona, Cela, Yohana, Ranny, Tiwi, Tanty. Maap ya kalo yg berasa engga kesebut. Kita hanya jarang ngobrol aja berarti :D  .Para wanita2 ini berasal dari beraneka ragam latar belakang, perkerjaan, keluarga yg berbeda, status yg berbeda. ada yg uda nikah, ada yg uda punya anak, ada yg masih pacaran, ada yg belom punya pacar, bahkan masih ada yg sangat muda. Tapi gw berasa cocok ama mereka semua. Walopun ga di pungkiri kita semua masih proses. Kadang ada hal2 yg kita berasa ga nyaman ama mrk. Tapi ya namanya proses, bukan berarti kita gampang menyerah n putusin hubungan gitu aja, Just try to be a better person aja setiap harinya.

See, dgn org2 yg gw sebutin di atas, (dan itu cukup banyak), gw bersahabat bukan hanya dgn bbm ria ato chat2 ria aja. Tapi sering kali kita pergi bareng, makan bareng, Nonton bareng, belanja bareng ato cuma sekedar ngumpul di rmh siapa gitu cerita2. Mrk semua juga ga semua kenal. Sylvi n Pipin itu temen grj. Yuliani sasa fiona cela itu temen sma. Yohana n ranny itu temen band nya agus. Tiwi n Tanty itu temen kuliah.

Nah, utk org2 yg pacarannya ekslusif, gw ngerti bgt tuh jalan pikirnya. Gw juga pernah dulu pas pacaran ama ex ex yg lain. Ekslusiffffff bgt. Ada waktu luang dikit, langsung pegi berdua aja. Pdhl lg di grj rame2 ama temen2, tapi maunya pegi berdua aja. Maunya makan berdua aja. Yg ada, gw jadi ga punya temen gara2 terlalu ekslusif. Blgnya semuanya pada ngejauhin, pdhl kenyataannya kita aja yg bangun benteng sendiri ama pacar. No no no no no... itu ga baik. Percayalah. Yg ada, begitu hubungan kita ga berjalan lancar ama pasangan, hancurlah semua hdp kita. Teman ga punya, Pacarpun pergi. Ato begitu punya masalah ama pacar, langsung bingung mo curhat ama siapa. Ada sih temen yg baik bgt mao aja di curhatin anytime, tapi.... begitu kitanya uda baean ama pacar lagi, sayonara teman!!

Knp gw bisa ngmg kyk gitu? krn gw pernah ngalaminnya. Ga cuma setaon, tapi bertaon2. Ga cuma pacaran sekali kayak gitu, tapi berkali kali kyk gitu. Sampe akhirnya pas pacaran ama agus dan agusnya ternyata Bang TOYIB KW SUPER krn super sibuk. Uring2anlah gw. Biasa pacaran di kelonin terus. Kemana mana berdua terus. Tiap hari bisa ketemu. Saban hari bisa di tlp-in berkali kali. Lah ini? Tlp palingan cuma malem. Ketemu palingan 1 mgg 3x max. itupun termasuk ama di grj. Nahh... di sinilah titik balik hdp gw berubah. Gw mulai membuka diri buat teman. Mulai mau pegi2 ama teman. Mulai gw sendiri yg inisiatif utk ngontek mrk. Ternyata, langkah kecil yg gw perbuat ini, berdampak besar dalam hidup gw sampe skrg ini. Ibaratnya, Kalo selama ini gw cuma kenal wrn hitam, putih dan merah dlm hdp gw, skrg gw bisa kenal semua wrn. Hidup jadi lebih FUN!

Karena hal ini juga, pesta pernikahan gw jadi penuh ama org2 yg gw sayangin. dan mereka tentunya sangat membantu dalam segala hal. TIDAK PERLU WO. Karena begitu byk org yg ngulurin tangan untuk pernikahan gw.

Tapi, banyak teman bukan berarti hubungan kita ama pasangan jadi hambar loh. Malahan, kita jadi ga bergantung ama pasangan. Kalo pacar sibuk, ya udah biarin aja dia kerja, ga usah dikit2 di tlp nanya di mana ato lg ngapain. Ga usah sewot teriak BETE di tinggal ato BOSEN sendirian karena ga ada kegiatan laen. Ga usah merasa kesepian krn ga ada pacar lagi ga ada juga.Krn kita ga demand, ga nuntut, jadinya masalah jadi lbh sedikit. Engga dikit2 ribut krn pacar ga punya waktu kan?

Nah gimana hubungan dengan pasangan setelah nikah? Tetep sih gw menomor satukan kebutuhan suami dulu. Sebisa mungkin saat suami ada di rmh ya kita nemenin di rmh. Jgn kelayapan juga. Kecuali kalo suami mendadak ada di rmh sedangkan kita uda bikin janji duluan. Kemana mana gw juga kasih tau suami dulu. dan untungnya suami termasuk tipe yg cuek. Sehabis Plg hangout pun gw slalu cerita tadi ngapain aja, ama siapa, dan kemana. Gw mao menjalankan tugas gw sbg seorg istri yg bijak, juga sbg seorg wanita yg punya banyak sahabat di luar pernikahan gw.

Jadi buat org yg pacarannya ekslusif skrg ini, pikir2 lagi deh. Nanti pas nikah juga kamu tiap hari berduaan terus ama suami kok ampe berpuluh2 taon. Malahan bakalan lbh indah loh jadinya pas uda nikah. Krn wkt pacarannya kurang byk wkt utk bersama. Buat yg uda nikah tapi terlalu menutup diri dan hdpnya terlalu bergantung ama suami di rmh, pernikahan itu bukan penjara dear. Kita harus tetap membagi hidup ke banyak org, BUKAN CUMA DI GEREJA AJA, tapi ke banyak banyak banyak orang.

With Pray and Love,

Devie Jonathan

1 komentar:

  1. Gw tunggu next storynya kl udah ada kids yg buntutin terus yeeeee...... Hihihi.

    BalasHapus